Ukuran Kista Yang Harus Dioperasi

Operasi adalah pengobatan kista yang sering dilakukan ketika ukurannya sudah besar, lalu berapa ukuran kista yang harus dioperasi dan dianggap berbahaya ? berikut kami berikan informasinya untuk anda, silahkan disimak !

Ukuran Kista Yang Harus Dioperasi

Ukuran Kista Yang Harus Dioperasi Dan Dianggap Berbahaya

Kista adalah tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan, berisi cairan kental, semisolid, atau material gas yang bisa tumbuh dibagian jaringan tubuh mana saja seperti di indung telur ( kista ovarium ), dinding rahim, ginjal, payudara, bartholin dan lainnya.

Ukuran kista bervariasi mulai dari yang kecil hingga sangat besar dimana jika ukurannya sudah besar maka kista dapat menghimpit organ yang berada diarea kita tersebut tumbuh.

Kista ovarium yakni kista yang tumbuh di indung telur merupakan masalah umum yang paling sering terjadi dan ditemukan kasusnya pada wanita, utamanya wanita yang masih mengalami menstruasi.

Jika ukuran kista masih kecil maka bisa dianggap tidak berbahaya bahkan bisa hilang dengan sendirinya tanpa penanganan.

Namun sebaliknya jika ukuran kista sudah besar maka dapat menimbulkan masalah dan gejala mulai dirasakan oleh wanita yang menderitanya.

Pada fase ini maka kista perlu dilakukan penanganan dan pengobatan yang serius, dan operasi adalah salah satu tindakan yang biasa dilakukan oleh dokter ketika ukuran kista sudah besar.

Berikut ini adalah beberapa indikasi atau tanda kista ovarium yang diderita sudah besar dan dianggap berbahaya sehingga perlu dilakukan tindakan pengobatan, yakni :

  1. Nyeri yang luar biasa di bagian bawah perut
  2. Sakit pada punggung bagian bawah sampai ke paha
  3. Menstruasi yang sangat banyak serta tidak teratur
  4. Perut yang membesar
  5. Merasa penuh atau berat dibagian perut padahal tidak hamil
  6. Perut serasa ditekan dari dalam
  7. Nyeri saat berhubungan suami isteri
  8. Mual
  9. Muntah

Kondisi tersebut menunjukan bahwa kista ovarium yang dialami sudah memiliki ukuran besar sehingga perlu dilakukan tindakan penanganan berupa operasi pengangkatan kista karena bisa membahayakan jika tidak segera diobati.

Lalu, berapa ukuran kista yang harus dioperasi ?

Menurut dr Luky Satria, SpOG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan Brawijaya Woman & Children Hospital yang kami kutip dari kompas beliau menyebutkan bahwa kista yang dianjurkan untuk dioperasi adalah kista dengan ukuran lebih dari 5 cm.

Sementara itu, dikutip dari laman hellosehat.com kista wajib dioperasi jika ukuran kista sudah lebih dari 7,6 cm.

Dan menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari laman klikdokter.com menyebutkan bahwa operasi perlu dilakukan ketika kista berukuran lebih dari 6 cm dan bertambah besar.

Selain karena ukuran kista yang sudah besar, operasi juga harus dilakukan jika penderita sudah melewati masa menopause atau kista yang diderita memiliki karakteristik sebagai berikut :

  • Kista tidak kunjung hilang setelah melalui beberapa siklus menstruasi, setidaknya dalam 2-3 bulan
  • Kista terlihat tidak biasa saat dilakukan USG, misalnya kista bukan dalam jenis kista fungsional sederhana
  • Kista menyebabkan rasa sakit
  • Kista dapat berkembang menjadi kanker ovarium

Ada dua jenis operasi yang biasa dilakukan oleh dokter untuk mengangkat penyakit kista, yakni :

  • Laparoskopi. Adalah operasi dengan sedikit rasa sakit dan membutuhkan waktu pemulihan lebih cepat. Operasi ini dilakukan dengan cara memasukkan laparoskop (mikroskop berbentuk tabung kecil dengan kamera dan lampu di ujungnya) ke perut Anda melalui lubang kunci atau sayatan kecil di perut. Kemudian, gas diisikan ke perut Anda untuk memudahkan dokter melakukan tindakan. Setelah itu, kista dihilangkan dan sayatan di perut Anda ditutup dengan jahitan yang bisa larut.
  • Laparotomi. Operasi ini dilakukan jika ukuran kista sudah sangat besar atau ada kemungkinan kista berkembang menjadi kanker. Laparotomi dilakukan dengan cara membuat sayatan tunggal di perut Anda, kemudian dokter mengangkat kista dan menutup kembali sayatan tersebut dengan jahitan.

Demikianlah informasi tentang ukuran kista yang harus dioperasi ini semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda. Jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *