Makanan Untuk Penderita Kista Ginjal

Inilah makanan untuk penderita kista ginjal yang sebaiknya dikonsumsi guna membantu proses pengobatan dan penyembuhan yang tengah dilakukan agar mendapatkan hasil maksimal.

Makanan Untuk Penderita Kista Ginjal

Makanan Untuk Penderita Kista Ginjal Yang Boleh Dan Baik Dikonsumsi

Makanan menjadi salah satu hal yang mesti diperhatikan dalam proses pengobatan dan penyembuhan penyakit kista ginjal, dengan begitu maka pengobatan yang dilakukan bisa cepat membuahkan hasil. Lalu apa saja makanan untuk penderita kista ginjal yang baik ? silahkan disimak !

Kista ginjal adalah kondisi dimana tumbuhnya benjolan bulat atau oval berupa kantung berisi cairan di ginjal.

Kondisi ini jika tidak ditangai bisa menyebabkan ginjal kehilangan fungsinya atau mengalami gagal ginjal yang menyebabkan penderita harus menjalani cuci darah hingga tranplantasi ginjal, utamanya jika kista ginjal yang diderita adalah kelainan bawaan dari lahir ( ginjal polikistik ).

Namun secara umum kista ginjal yang sering ditemukan kasusnya adalah kista ginjal sederhana dimana bersifat jinak sehingga tidak akan berkembang menjadi kanker dan jarang menimbulkan komlikasi.

Dimana komplikasi yang bisa terjadi pada penderita kista ginjal utamanya ginjal polikistik adalah berupa :

  • Kista pecah
  • Infeksi pada kista
  • Gangguan buang air kecil.
  • Gagal ginjal
  • Hipertensi.

Namun walaupun bersifat jinak, kista ginjal ada kalanya bertambah besar dan biasanya jika kondisi tersebut terjadi maka penderita akan merasakan beberapa gejala dan keluhan dibawah ini sehingga perlu dilakukan penanganan.

  • Demam, menggigil, atau gejala infeksi lainnya.
  • Rasa sakit atau nyeri yang muncul pada punggung, pinggang, atau perut bagian atas.
  • Sering buang air kecil.
  • Darah dalam urine atau urine berwarna gelap.
  • Fungsi ginjal yang menurun (jarang sekali terjadi).

Sementara itu, jika kista ginjal yang diderita adalah ginjal polikistik, maka disamping mengalami beberapa gejala diatas, penderita juga biasanya mengalami beberapa gejala tambahan seeperti :

  • Tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Perut terasa nyeri atau bengkak.
  • Nyeri di bagian belakang ginjal akibat mengalami pembengkakan.
  • Adanya protein dalam urine.
  • Ditemukannya batu ginjal.

Jika ginjal polikistik disebabkan oleh keturunan, maka beda halnya dengan kista ginjal sederhana yang belum diketahui secara pasti apa sebabnya.

Namun para ahli menduga kista ginjal sederhana terbentuk ketika lapisan permukaan ginjal mulai melemah, dan membentuk kantong (divertikulum). Kantong tersebut kemudian terisi cairan, terlepas dan menjadi kista.

Penanganan atau pengobatan kista ginjal sederhana yang berukuan besar adalah berupa : operasi pengangkatan kista dan Drainase kista ( pengeringan kista ) yang diikuti pengisian kista dengan alkohol dengan tujuan agar kista mengeras dan mencegah kista terbentuk kembali.

Selain itu kista ginjal juga bisa diatasi secara alternatif yakni dengan rutin konsumsi obat tradisional kista ginjal.

Disamping itu, guna membantu proses pengobatan, penderita bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang memiliki khasiat dan manfaat mampu menghancurkan kista ginjal.

Makanan Untuk Penderita Kista Ginjal

Berikut ini adalah daftar beberapa makanan untuk penerita kista ginjal yang baik dikonsumsi karena dapat membantu menghancurkan kista ginjal secara alami, yakni :

  1. Teh hijau
  2. Ikan
  3. Bawang putih
  4. Tomat
  5. Brokoli
  6. Selada
  7. Kembang kol
  8. Wortel
  9. Lobak
  10. Kacang kedelai
  11. Jagung sutra
  12. Jeruk
  13. Buah bit
  14. Kubis
  15. Kacang panjang
  16. Bawang bombay
  17. Stroberry
  18. Raspberry
  19. Minyak zaitun
  20. Manggis

Beberapa makanan tersebut diyakini baik dikonsumsi oleh penderita kista ginjal karena dapat membantu menghancurkan kista ginjal secara alami, jadi tidak ada salahnya jika penderita kista ginjal mulai mengkonsumsi makanan tersebut.

Demikianlan informasi tentang makanan untuk penderita kista ginjal ini meski singkat semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, jangan lupa komen dan bagikan artikel kami jika anda rasa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *